Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Blog, Uang, dan Popularitas

Siska Yuniati

Saya sadari, saat menuliskan judul artikel ini, ada kesan materialis di benak saya. Tidak mengapa, karena itulah sesungguhnya yang akan saya tuliskan kali ini.

Pertama mempublikasikan tulisan di https://mediaksara.wordpress.com, tidak ada hal lain yang ada di kepala saya kecuali keinginan berbagi, melalui dunia maya. Oleh karena itu, bahagia sekali rasanya ketika ada pengunjung yang berkomentar dan mempublikasikan ulang tulisan saya. Saya simpulkan apa yang saya tulis diminati dan bermanfaat. Itu adalah reward yang luar biasa bagi saya.

Pada perjalanannya, suami saya, mendaftarkan blog ini ke Tim Internet Sehat untuk di-review. Ternyata membuahkan hasil, blog ini dinyatakan sebagai peraih ISBA tahun 2010. Lumayan, ada buku dan kaos yang dikirim ke rumah. Selain itu, logo ISBA yang terpasang di blog milik sendiri merupakan kebanggaan tersendiri.

Lagi-lagi ini ulah suami saya, itu pun tahun 2010. Blog ini didaftarkan pada kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional RI. Oleh karena diikutkan lomba, otomatis saya harus menyeleksi ulang tulisan-tulisan di sini, mengelompokkannya, dan membenahi tampilannya. Alhamdulillah, dianugerahi juara II; ada hadiah uangnya.

Pada tahun yang sama, redaktur sebuah majalah nasional menghubungi saya. Hal di luar kebiasaan, mereka menyukai tulisan yang sudah dipublikasikan di blog. Saya pun dengan suka cita mengizinkan mereka untuk mengambil, menyuting, dan mempublikasikannya  kembali.

Belum beranjak tahun, Kementerian Agama RI memanggil saya untuk mengikuti program sertifikasi. Sebagai seorang guru, saya harus melewati tahapan ini untuk dapat menyandang predikat guru profesional. Saya pun bertekad untuk meraihnya melalui jalur portofolio. Ini tidak mudah, kinerja seorang guru, termasuk di dalamnya penghargaan dalam bidang tulis-menulis ikut dipertimbangkan. Sertifikat penghargaan dari aktivitas nge-blog ini rupa-rupanya menunjukkan kontribusinya. Kemudian dari akumulasi banyak hal, akhirinya saya langsung dinyatakan sebagai guru profesional, tidak perlu meninggalkan rumah dan anak-anak yang masih kecil untuk mengikuti diklat. Imbalan yang sepadan tentunya.

Empat hal tersebut merupakan sejarah keemasan blog ini. Itu adalah kenangan indah. Dari pencapaian ini, hal yang ingin saya katakan, bahwa sesuatu yang sederhana, diawali oleh keikhlasan, pastilah mendatangkan sebuah manfaat, baik manfaat ibadah maupun manfaat materi. Saya telah membuktikan langsung seperti yang saya ceritakan di depan. Tidak hanya manfaat materi, berkesempatan memenangkan berbagai kompetisi dan pemuatan di media massa, membuat kita lebih populer.

Bukan maksud hati hendak takabur, saya hanya ingin berbagi pengalaman dan mengajak untuk berbagi melalui tulisan di blog. Pastilah akan mendatangkan manfaat, untuk orang lain dan diri sendiri. Masalah kadar manfaat tersebut tentu saja bisa berbeda antara orang yang satu dengan yang lain, antara blogger yang satu dengan blogger lain.

Saya sama sekali tidak dapat menerima kalau ada orang yang berpendapat bahwa nge-blog adalah pekerjaan sia-sia dan bodoh; cerita di atas adalah bantahan atas hal ini. Saya justru menganjurkan kepada para blogger untuk terus menulis, biarkan anjing menggonggong. Yang penting, kita menulis dengan balutan keikhlasan, kesungguhan, dan kedisiplinan.

Ayo ngeblog!

Tulisan ini disertakan dalam Blogger Return Contest yang diselenggarakan Anazkia dengan dukungan Denaihati.

Filed under: Catatan, ,

52 Responses

  1. faiz berkata:

    ngeblog bukan pekerjaan bodoh, justru orang-orang yang cerdas, berwawasan luas, kritis dan mempunyai ide-ide kreatif yang biasanya tergerak untuk membuat blog. I do Agree. nice post ^_^

  2. anotherorion berkata:

    bagus tulisannya inspiratif mbak
    selamat yah

  3. Lidya berkata:

    good luck ya, betul siapa bilang ngeblog tidak ada gunanya

  4. Sawali Tuhusetya berkata:

    sebuah ajakan yang simpatik, bu siska. blog ini memang layak utk mendapatkan penghargaan. ok, bu siska, tetap semangat dan jangan pernah kapok membangun semangat berbagi. salam ngeblog.

  5. anazkia berkata:

    Mbak Siska, kemarin blogspot mengelami gangguan. jadi komentar bukan dihapus yah? Ilang dengan sendirinya. Silakan lihat di daftar peserta lomba

    terimakasih atas partisipasinya

  6. choirul berkata:

    subhanallah… kapan saya bisa dipanggil pak presiden gara-gara blog saya ya?

  7. ketty husnia berkata:

    salam kenal! i love this post..mbak!
    dan membuat saya bersemangat utk terus ngeblog..
    smg bs mengalami pencapaian spt mbk,..:D

  8. faiz berkata:

    Inspiring

  9. fanny berkata:

    ngeblog memang banyak memberikan manfaat

    • Siska Yuniati berkata:

      Nenar sekali, meskipun pada sebagian orang beranggapan ngeblog pekerjaan orang yang kurang kerjaan. Barangkali mereka belum merasakan manfaat ngeblog. Mari, terus semangat.

  10. i-one berkata:

    Wah,Hebat…moga menang juga kali ini,Amin..
    salam kenal

  11. Izzah Annisa berkata:

    Wah.., happy blogging ya Mbak ! Semangat berbagi dan menginspirasi 🙂

  12. Thanks untuk berbagi ilmunya Mbak, bermanfaat sekali….salam kenal 🙂

  13. Fielding Haynes berkata:

    Thanks untuk berbagi ilmunya Mbak, bermanfaat sekali….salam kenal
    +1

  14. munir berkata:

    Saya tertarik dengan tulisan di atas. karena secara tidak langsung tulisan tersebut mengajak untuk membudayakan tertib berlalu lintas bagi semua pamakai jalan. Hal itu akan akan berdampak pada keselamatan para pemakai jalan. Tulisan tersebut juga mengajak orang untuk membudayakan menulis. siapa tahu tulisan kita bermanfaat bagi orang lain.
    maju terus bu siska…

    • Siska Yuniati berkata:

      Terima kasih. Senang sekali mendapat kunjungan Pak Munir. Ni salah komentar ya? Tapi, benar sekali Pak, menulis banyak sekali manfaatnya. Senang bisa berbagi dengan orang lain. Salah satu caranya lewat blog. 🙂

  15. munir berkata:

    saya setuju bahwa nge-blog bukan pekerjaan sia-sia, asalkan isi tulisan dalam blog itu memang bagus dan bermanfaat. selamat bu siska ! maju terus

  16. […] Mbak Chilvia, Berkarya Dengan Blog 13. Blogger Media, Ngeblog Itu Asyik lho 14. Mbak Siska Yuniati, Blog, Uang dan Popularitas 15. Mas Sabjan Badio, Kuputuskan Menjadi Seorang Blogger, Mengapa? 16. Mas Rangga, Blogger Nggak […]

  17. Ai berkata:

    Lam kenal semua,aku blogger nubi..

  18. Siska Yuniati berkata:

    Thanks Ai, mari terus ngeblog.

  19. red berkata:

    Tulisan yg bagus mbak. Saya pribadi sudah merasakan manfaat ngeblog terutama dari sisi materi dan personal branding yg mendukung kinerja di dunia nyata. Semoga tulisan mbak memacu guru2 dan pendidik lainnya untuk memulai aktivitas ngeblog. Btw kalo maen di twitter, buka hashtag #ngeblog dan sharing ide2 mbak disana ya…nanti saya retweet 🙂

  20. […] 2. Mbak Siska Yuniati, Blog, Uang dan Popularitas […]

  21. Bang Aswi berkata:

    Ya, dan … blog semakin bertambah manfaatnya setelah memenangkan Blogger Return Contest. Selamat ya … ^_^

  22. kenia huwada berkata:

    selamat mbak,..akhirnya!aku dah nebak, mbak siska terpilih dewan juri..siiiip deh..dapet hadiah uang lagiii….hihihi

  23. funnie berkata:

    wahh…selmaat ya….akhirnya menang nih….moga makin berjaya ya…

  24. Blogger Media berkata:

    Selamat telah menjadi salah satu pemenang di Blogger Return Contest

  25. Abi Sabila berkata:

    Selamat, tulisan ini terpilih sebagai pemenang blogger return contest. Mari kita jadikan blog sebagai sarana untuk saling mengingatkan dan menguatkan melalui tulisan ( Insya Allah ) Sekali lagi, selamat!

  26. orriza berkata:

    Selamat ya..!!

    Dan Salam kenal…

  27. Siska Yuniati berkata:

    Terima kasih. Salam kenal kembali:)

Tinggalkan Balasan

