Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Memilah dan Memilih Koneksi Internet untuk Keluarga

Siska Yuniati

Portable atau fixed? Kedua jenis piranti tersebut dapat dipilih dalam rangka menghubungkan komputer kita ke internet. Keduanya memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Modem portable kelebihannya tentu saja mobile alias bisa dipindah dengan mudah. Dengan mudah dipindah berarti modem portable bisa digunakan di berbagai tempat sesuka hati sepanjang berada dalam jangkauan sinyal operator yang kita gunakan.

Modem yang bersifat fixed memiliki keunggulan sendiri, biasanya lebih stabil, lebih tahan, dan cenderung lebih aman karena relatif jauh dari berbagai benturan dan kerusakan akibat mobilitas. Di antara ISP yang menggunakan modem yang bersifat fixed adalah Telkom Speedy. Untuk berlangganan pun sangat mudah, jika sudah memiliki telepon rumah, dalam hitungan jam setelah permohonan kita sudah bisa mengakses internet. Modem yang digunakan pun biasanya disediakan secara gratis oleh PT Telkom Indonesia.

Mau portable atau fixed sebenarnya bersifat mana suka, selain mana yang paling dibutuhkan. Setelah menentukan mana yang dipilih, misalnya fixed, tinggal memilah dan memilih ISP mana yang memiliki tanggung jawab terhadap konsumennya, khususnya tanggung jawab terhadap berbagai keluhan konsumen.

Keluarga biasanya memiliki keluhan terhadap keamanan akses internet anak-anak. Internet keluarga hendaknya terhindar dari akses terhadap situs-situs tidak pantas, seperti situs porno, situs berisi materi kekerasan, dan situs-situs yang bermaksud jahat. Untuk hal-hal tersebut kita tinggal menanyakan atau melihat review tentang dan yang dilakukan oleh ISP yang kita bidik. Kita tinggal melihat dari jawaban atau dari review tersebut sejauh mana mereka menanggapi permasalahan konsumen terhadap keamanan akses internet (baca: berinternet secara sehat).

Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah memeriksa situs atau website ISP yang kita incar. Kita tinggal meneliti apakah mereka menyediakan jawaban atas keinginan kita untuk berinternet secara sehat. Dari tulisan atau fasilitas yang tersaji akan terlihat apakah ISP tersebut memiliki tanggung jawab dan perhatian terhadap kesehatan berinternet para pelanggannya. Wujud tanggung jawab ISP di antaranya dengan menyediakan atau memberitahukan DNS yang aman, menyediakan program-program parental control, menyediakan atau merekomendasikan antivirus yang handal, memberi pendidikan, penjelasan, atau tips aman berinternet, dan berbagai materi lain.

Langkah kedua, kita lakukan dengan menghubungi langsung custumer service, perhatikanlah sejauh mana perhatian mereka terhadap berbagai pertanyaan  kita. Apakah mereka memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan atau paling tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan kita? ISP yang baik akan dengan sabar melayani calon pelanggannya. Jika melayani calon pelanggan saja mereka tidak sabar, bagaimana kelak ketika menjadi pelanggannya?

Langkah ketiga, lakukan ujicoba berlangganan. Ujicoba ini jika tidak memungkikan dapat dilakukan dengan cara mengamati atau bertanya langsung kepada teman-teman yang sudah menggunakan ISP tersebut.

Langkah selanjutnya, kembali ke pertanyaan awal, wireless atau fixed? Walaupun telah dijelaskan mana suka, untuk internet keluarga tentu saja lebih mantab yang fixed, bukan?

Iklan

Filed under: Catatan,

9 Responses

  1. Sabjan Badio berkata:

    Kalau saya memilih yang mobile sebagus fixed. Ada tidak? Pengalaman menggunakan Speedy, saya senang menggunakannya untuk download: cepat!

  2. materitiksmp berkata:

    Jadi ingat para pedagang; suka memilah dan memilih. eh, pembeli.

  3. Lidya berkata:

    masalah koneksi saya sering mencoba2 untuk GSM, Speedy baru saja diputus. thanks untuk kunjungannya ya salam kenal

    • Siska Yuniati berkata:

      Salam kenal kembali. GSM apa akhirnya cocok? Kalau saya GSM hanya untuk mobile saja. Di rumah CDMA tidak menentu, agak lambat. Di kantor pake Speedy (pengelaman sy malah aksesnya cepat sekali).

  4. bunda alf berkata:

    Salam kenal bu guru..(hehe bu guru bukan sih?). Kalau menggunakan speedy, kadang cepet kadang lambat. Mungkin tergantung lokasi ya??

  5. f.uf.u berkata:


    saya mendukung internet sehat sobat…
    gunakan internet secara sehat dan bermanfaat..

    ditunggu kunjungannya..

    http://inifu.blogspot.com/2010/12/internet-sehat-mulai-dari-diri-sendiri.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: