Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Apapun atau Apa pun?

Oleh Siska Yuniati

Pertanyaan tersebut pernah saya lemparkan kepada para siswa. Reaksi yang saya dapatkan, mereka riuh berdiskusi. Hampir seluruh siswa menjawab penulisan yang benar adalah apapun, hanya beberapa anak menjawab apa pun. Itu pun tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam EYD, partikel pun ditulis terpisah dari kata yang mendahuluhinya, kecuali untuk kelompok yang lazim dianggap padu. Kata-kata tersebut adalah adapun, andaipun, ataupun, bagaimanapun, biarpun, kalaupun, kendatipun, maupun, meskipun, sekalipun, sungguhpun, dan walaupun. Di luar kata-kata tersebut tentu saja penulisannya dipisah alias tidak serangkai.

Kata apa pun terdiri atas kata apa dan partikel pun. Kata ini kalau diartikan menjadi apa saja, berbeda dengan kelompok kata yang lazim dianggap padu di atas. Misalnya, kata adapun, tidak dapat diartikan menjadi ada saja, atau ada juga. Kata adapun merupakan konjungsi atau kata penghubung yang penulisannya memang harus serangkai.

Filed under: Bahasa Indonesia, ,

20 Responses

  1. syaiful berkata:

    salam kenal bu guru,saya juga guru di SMP Nurul Falah Pekanbaru tetapi guru IT. mungkin penulisan di blog saya masih banyak yang salah bu, kalau begitu ibu kunjung balik ya biar ada komentar untuk saya. salam ukhuwah dari kami di Pekanbaru.

  2. delia4ever berkata:

    salam kenal bu guru…

    padahal lia kadang sering ngomong seperti itu 🙂
    bisa kena setrap nih… heheh

  3. fontie berkata:

    selamat malam bu, selamat jadi pemenang isba 2010 ya, tukeran link yuk dengan sayam link anda sudah saya pasang di web saya 🙂

  4. Ooh jadi terserah yang nulis yaa?

  5. bambang bujono berkata:

    Bu, bagaimana dengan “Ia tak mau makan apapun juga lauknya”. Terima kasih, salam kenal

  6. Zian berkata:

    dulu pernah belajar ini… tapi dah lupa… syukur diingatkan lagi… makasih ibu. 😀

  7. Mahotama Seputra berkata:

    terima kasih.. ini sangat membantu saya dalam proses penulisan buku saya

  8. ngegosip berkata:

    Berarti yang benar, apa pun..

  9. abasrin berkata:

    Apa pun itu, sy yakin bermanfaat 🙂

  10. Irvan Fauzi berkata:

    Berarti yang benar itu “manapun” bukan “mana pun”, ya?

  11. ayslv berkata:

    Wah ini sangat membantu. Saya selalu bingung antara apapun dan apa pun. Terimakasih, Bu. Dan saya mu bertanya, untuk penulisan “entahlah” apa sudah benar? Atau seperti ini “entah lah”? Mohon di jawab ya, Bu. Terimakasih^^

  12. Rantshade berkata:

    Terima kasih atas infonya, jadi penulisan yang benar itu terpisah yaa: apa pun.

  13. amar berkata:

    Pingin dapet pulsa gratis 50.000 tiap bulannya?
    Pasang Cashtree di Smartphone Android kamu sekarang juga!
    *1.000 cash akan langsung jadi milik kamu setelah menginstall lewat referral link.
    Clue Flash Cash hari ini ! 27 MAY 17:?? WIB [Rp 222] https://invite.cashtree.id/lzqsx2

  14. admin berkata:

    Terima kasih tulisannya. Sangat membantu saya sebagai seorang penterjemah.

    Salam

  15. Mahrizal berkata:

    O gitu ya bu jadi yang benar apa pun
    kemarin dengar ada dua teman ngobrol yang bener apapun atau apa pun
    karena penasaran saya coba browsing nemu deh artikel bu guru

    Terima kasih ya bu guru pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

