Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Ujian Nasional 2010

Besok (01/04) adalah hari terakhir Ujian Nasional. Semoga para siswa di Indonesia (tidak hanya siswa-siswaku) dapat bertempur dengan baik. Di keheningan malam ini, sebagai guru, saya hanya dapat memohonkan kepada Yang Maha Memberi agar perjuangan, pertempuran, harapan, doa, cita-cita kalian tidak sia-sia.

Saya teringat suka dan duka dalam mengoordinir para siswa mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. Saya dapat membaca, ada kepenatan dan kejenuhan di wajah dan tingkah mereka, para siswa. Ingin sekali rasanya membiarkan mereka istirahat barang beberapa hari, tetapi itu tidak mungkin. Waktu itu, yang dapat saya lakukan adalah memberi kesempatan kepada para siswa untuk belajar lebih santai. Untuk itu, saya harus berjuang lebih keras, agar kegiatan pendalaman materi yang kami lakukan tidak menjemukan.

Saya akui, materi yang disampaikan, tes yang disajikan, sebenarnya lebih berat dari soal-soal Ujian Nasional yang pada hari Senin (29/03) lalu disajikan. Itulah latihan, paling tidak setara dengan pertarungan yang akan dihadapi, syukur-syukur lebih. Dengan begitu, saat menghadapi pertempuran yang sesungguhnya, semua akan terasa mudah.

Sekali lagi saya berdoa, semoga kalian lulus, dan semoga kelulusan itu adalah hal yang terbaik untuk kalian.

Iklan

Filed under: Catatan, ,

3 Responses

  1. arif berkata:

    amin! semoga sukses semua UN nya

  2. Sabjan Badio berkata:

    UN sebenarnya bukan hanya indikator keberhasilan siswa. Indikator keberhasilan guru, sekolah, bahkan keberhasilan pemerintah sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: