Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Bahasa Siswa

Bahasa siswa yang saya tulis ini, bukan www.bahasasiswa.do.am, melainkan bahasa siswa dalam berkomunikasi dengan orang lain, khususnya guru.

Sewaktu sekolah, saya dan teman-teman tidak berani membantah anjuran, nasihat, atau pun sekadar kata-kata guru. Kami biasanya menjawab dengan anggukan, dengan kata iya, jika pun ingin mengatakan tidak, dikemukakan dengan kata-kata yang dipilih secara hati-hati. Saat ini, saya menyaksikan ada perubahan luar biasa dengan tutur kata para siswa.

Suami saya pernah ditanya oleh siswanya tentang hasil tes pendalaman materi (persiapan menghadapi Ujian Nasional). Karena penyelanggaranya adalah tim yang ditunjuk khusus oleh MKKS Kabupaten, suami saya tidak bisa langsung memberikannya. Waktu itu, suami saya menjanjikan akan membawakannya pada hari Senin. Apa jawa siswanya? “Ora ngapusi lho Pak!”

Terus-terang suami saya agak kaget dengan jawaban para siswa, itu artinya “Jangan bohong, Pak!”, menyiratkan banyak hal, yaitu (1) siswa meragukan kejujuran kata-kata gurunya, (2) siswa terkesan mendikte gurunya (kata-kata ora ngapusi tersebut bisa saja diartikan sebagai ‘harus’), dan (3) siswa kurang menghormati gurunya.

Filed under: Catatan,

7 Responses

  1. abughalib berkata:

    memang jaman sekarang perilaku anak2 usia sekolah semakin mengherankan, semakin berani bahkan nyaris tidak taat etika. semoga hal ini bisa jadi lebih baik dengan kesabaran dan keuletan orang tua maupun guru dalam mendidik mereka

  2. Sabjan Badio berkata:

    ya, semoga orang tua dan guru sabar

  3. Huang berkata:

    ini kalau dibilang : siswa mulut kampret :p

  4. erniernierni berkata:

    saya baca blog ini dari status internet sehat, selamat!, blog yang bagus bu, iyah saya juga prihatin dengan adik2 jaman sekarang, tutur bahasanya amburadul, banyak terpengaruh media yang kurang informatif (semacam sinetron dll) dan pergaulan yang kurang baik

Tinggalkan Balasan

