Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Minta Bantuan!

Oleh Sabjan Badio.info

Saat perlu bantuan, lazimnya kita menggunakan kata tolong. Ketika diterjemahkan ke dalam tulisan, kata tolong tersebut dapat disertai tanda seru (!). Hal ini detailnya akan terlihat pada naskah-naskah cerpen, novel, apalagi drama. Ketika seseorang mengajukan permintaan secara langsung, biasanya dia akan mengatakan tolong (tanpa tanda seru), ketika dalam suasana terdesak, panik, tertekan, dan membutuhkan bantuan segera, biasanya kita akan menggunakan kata tolong! (disertai tanda seru).

Tanda seru dapat mengesankan banyak hal, berdasarkan penjabaran EYD, tanda seru digunakan sesudah ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, ataupun rasa emosi yang kuat. Pada pengertian ini ada kata kunci yang berupa seruan atau perintah, pada ungkapan minta tolong, berarti seruan untuk meminta tolong yang menggambarkan kesungguhan atau emosi yang kuat.

Berdasarkan uraian di atas, wajar ketika suatu saat kita membuat kalimat atau menerima tulisan permintaan tolong yang disertai tanda seru. Jika mengalami hal ini, kita dapat mengartikannya sebagai kesungguhan dan emosi yang kuat penulisnya, emosi ini mungkin karena terdesak, panik, dan sebagainya.

Beberapa hari lalu, saya menerima surel bersubjek Minta bantuan!. Mendapati hal ini, saya pun mencoba mengartikannya sebagai kesungguhan untuk meminta bantuan yang disertai emosi dan seruan. Tetapi, saat membacanya dengan nada lain, saya meraskan kata minta bantuan bertanda seru ini lebih mirip kepada perintah. Benarkah?

Jadi, mohon maaf, sampai sekarang surel itu tidak saya tanggapi.

Iklan

Filed under: Bahasa Indonesia, Catatan, ,

2 Responses

  1. Umar Puja Kesuma berkata:

    Salam kenal!

    Sama-sama guru bahasa Ind. kayaknya nih.
    Mantap bu penjelasan mengenai kalimat seru ini. Hanya mungkin lebih jelas lagi andai diberikan contoh kalimatnya. Thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

%d blogger menyukai ini: