Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Siswa Pemberani?

Hari ini (26/01), ada tes pendalaman materi. Mengawasi siswa yang sedang ujian adalah pekerjaan yang sangat menjemukan. Biasanya aku hanya berdiri mondar-mandir serius mengawasi. Hari ini, suasananya akan dibuat sedikit berbeda. Aku menyiapkan laptop di depan meja, menuangkan sepenggal dua penggal khayalan untuk diwujudkan menjadi cerpen.

Menulis memang luar biasa. Kelas yang sunyi itu pun terasa ramai oleh pikiranku yang berusaha merancang kehidupan tokoh-tokoh ceritaku.

Aku tidak tahu kalau saat itu para siswa diam-diam mengamatiku. Aku semakin tidak menyangka kalau ada yang penasaran dengan apa yang kutulis. Ini benar-benar kejadian luar biasa. Karena ada keperluan, aku meninggalkan kelas sejanak. Setelah kembali, apa yang terjadi? Ternyata laptopku dibuka siswa. Mereka penasaran atas apa yang kuketik, mereka pun membacanya.

Sejenak aku diam, berpikir apa yang harus kulakukan. Akulah yang mengajari mereka untuk menulis, untuk penasaran terhadap rangkaian kata-kata. Hari ini mereka benar-benar penasaran dan rasa penasaran itu dituangkan dengan cara memabaca tulisanku. Tetapi, bukankah ini tidak benar? Membaca tulisan orang lain yang belum dipublikasikan secara tanpa izin bukankah sama dengan mencuri?

Para blogger sekalian, aku telah mengambil tindakan atas mereka. Baik-buruk tindakan itu, aku tidak dapat menilai. Sekarang, jika Anda sekalian mengalami peristiwa seperti itu, apa yang harus dilakukan pada “siswa pemberani” ini?

Filed under: Catatan,

One Response

  1. Sabjan Badio berkata:

    Siswa itu harus berani. Siswa jangan ditekan sehingga kepercayaan dirinya hilang. Walaupun begitu, siswa juga harus didik tentang etika.

Tinggalkan Balasan

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

