Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Menulis dengan Target

Target, disiplin, deadline, adalah di antara kata yang menjadi momok dalam dunia tulis-menulis. Kita kerap berdalih ingin menjadi penulis yang bebas, merdeka, menuangkan ide-ide sesuka hati. Saat kita berprinsip seperti itu, kita lupa bahwa menulis sama halnya dengan pekerjaan lain, harus kita lakukan dengan target dan deadline, atau secara umum disebut disiplin.

Dalam kata disiplin ada unsur pemaksaan, memaksakan diri, mengharuskan diri, untuk menaati aturan yang telah ditetapkan. Jika kita telah menetapkan tulisan yang kita garap selesai hari itu, harus selesai. Jika kita men-dealine sebuah tulisan dalam dua hari, harus selesai. Kalau kita menargetkan harus merampungkan satu tulisan tiap hari, harus rampung. Jika pun suatu saat kita terbentur dengan suatu hal yang memaksa kita untuk tidak dapat menyelesaikan tulisan, setidaknya kita punya dalih bahwa telah berusaha secara maksimal.

Mungkin bagi sebagian orang masalah disiplin ini tidak penting. Tetapi, jika belum percaya, ada baiknya untuk mencoba. Misalnya, cobalah menulis satu artikel per hari, bagaimana pun juga halangannya, kita harus menyelesaikannya. Cobalah menulis dalam satu bulan, itu artinya tiga puluhan hartikel harus kita selesaikan. Kemudian, saksikan apa yang kita dapatkan dari disiplin itu?

Iklan

Filed under: Bahasa Indonesia, Catatan, ,

4 Responses

  1. blackenedgreen berkata:

    haha, kemudian muncul isu kuantitas lawam kualitas.

    dalam ranah akademis atau bidang lain dimana menulis itu sebagai pekerjaan ada satu hal yang tidak bisa saya temukan: karakter.

    tapi bagaimanapun juga, disiplin itu penting, seringkali ide-ide yang baik menguap karena malas duduk dan mulai bekerja.

    • siskayuniati berkata:

      trims,

      ya, betul sekali. disiplin tentu saja harus dengan kualitas. disiplin menulis, dalam artian bukan sekadar menghasilkan tulisan, melainkan menghasilkan tulisan terbaik.

      dalam ranah akademis, di mana segala sesuatunya diatur, memang membuat karakter tidak terlihat. tetapi, dalam tulisan kreatif, dengan disiplin menulis, kita akan menemukan sendiri karakter tulisan kita. syaratnya: jangan pernah menjiplak.

  2. Sabjan Badio berkata:

    Apa target kita hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

%d blogger menyukai ini: