Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Menulis? Gunakan Alat yang Anda Anggap Paling Nyaman

Catatan di hari ulang tahun suami.

Saya suka menulis dengan kertas, kertas yang agak kucel tepatnya. Menulis di depan komputer? Bisa saja, hanya bagi saya tekonlogi modern itu terlalu menggoda, terlalu banyak yang membuat saya terlena. Bagaimana tidak, saat akan menulis, terbayang game yang menggiurkan, terbayang browsing internet, terbayang ini-itu yang terasa lebih gurih untuk segera dinikmati. Akhirnya, saat menulis menggunakan komputer, yang berhasil saya tuangkan hanya beberapa paragraf saja, bahkan, rekornya, kalau tidak salah, frasa. Mungkin bisa dihitung dengan jari, tulisan yang dari awal hingga akhir langsung saya tulis di komputer.

Apa yang menarik dengan kertas kucel? Bagi saya, media itu terasa nyaman, jauh dari formal, tidak ada pantangan (rusak, dan sebagainya), dan bisa dibawa ke mana-mana dalam situasi apa pun. Bahkan, ketika kertas itu harus hilang, saya tidak akan mengalami rugi secara materi. Tahu kan, perempuan paling hati-hati pada yang namanya materi? Dengan begitu, saya bebas “berpetualang” tanpa beban ini-itu.

Sayangnya, hal ini lambat disadari, suami sayalah yang menyadarinya lebih awal. Ini sempat membuat saya agak marah. Bagaimana tidak, di rumah ada laptop yang bisa digunakan, mengapa saya tiba-tiba diminta untuk menulis di kertas buram? Itu sama saja hidup di tahun 90-an ke belakang, di mana saya masih sekolah dan belum mengenal komputer. Ah, si suami ada-ada saja.

Tetapi apa yang terjadi kemudian, ternyata, saat menulis di depan komputer saya memang sering keasyikan dengan fasilitas yang tersedia di alat supercanggih itu. Saat itulah saya menyadari bahwa karya-karya “monumental saya” (hehe, sombong nih ceritanya), dihasilkan melalui media kertas biasa, baru diketik setelah tulisan itu selesai.

Ah, menulis memang bukan soal alat.***

Filed under: Bahasa Indonesia, Catatan, ,

One Response

  1. Sabjan Badio berkata:

    Yang penting, kita harus tahu apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

