Media Aksara

Catatan Guru Bahasa

Biasanya!

Percayakah Anda jika saya mengatakan bahwa tidak semua guru pintar, tidak semua guru berpengetahuan luas, tidak semua guru mengajar berdasarkan ilmu yang dikuasainya?

Apa pun jawaban Anda, beberapa waktu lalu, saya bertemu dan berdiskusi dengan guru yang (mungkin terlalu ekstrim jika saya katan ‘hanya’) bermodal ‘biasanya. Sepanjang diskusi, dia selalu mendapat pendabat saya, berusaha membantai pekerjaan saya dengan modal ilmu biasanya tadi.

Saat saya berpendapat, dia mendebat dan mengatakan, “biasanya tidak seperti itu, tapi seperti ini”. Ketika saya meminta menjelaskan bagaimana teorinya, dia hanya bersikukuh dengan biasanya. Argumen-argumen saya berdasarkan teori-teori yang saya kuasai dan saya anut, berusaha dimentahkannya dengan juru biasanya.

Berapa saat kemudian keadaan berbalik, saya yang harus memeriksa pekerjaan si guru tersebut. Yang saya temukan apa? Pekerjaannya tidak lebih dari sebuah contekan. Dia tidak membuat, melainkan mengumpulkan hasil pekerjaan orang lain, meramunya, kemudian diakui sebagai pekerjaan sendiri. Pekerjaannya itu pun tidak lengkap.

Mohon maaf, isi perdebatan tersebut tidak saya rinci dalam tulisan ini. Saya tidak ingin nantinya mengundang “perseteruan” baru. Saya sebagai yunior sering dianggap “tidak berhak” berbicara, apalagi berpendapat sendiri.

Coba bayangkan, terhadap saya yang juga seorang guru saja dia bisa ngotot dengan ilmu bisanya yang dimiliknya. Bayangkan bagaimana dia mengajar siswa?

Filed under: Catatan,

One Response

  1. Sabjan Badio berkata:

    Biasanya adalah senjata pamungkas, tidak hanya digunakan oleh guru.

Tinggalkan Balasan

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Sedang Online

